Selasa, 03 November 2009

Kumpulan Teori Efektivitas

Efektivitas merupakan salah satu pencapaian yang ingin diraih oleh sebuah organisasi. Untuk memperoleh teori efektivitas peneliti dapat menggunakan konsep-konsep dalam teori manajemen dan organisasi khususnya yang berkaitan dengan teori efektivitas.
Efektivitas tidak dapat disamakan dengan efisiensi. Karena keduanya memiliki arti yang berbeda, walaupun dalam berbagai penggunaan kata efisiensi lekat dengan kata efektivitas. Efisiensi mengandung pengertian perbandingan antara biaya dan hasil, sedangkan efektivitas secara langsung dihubungkan dengan pencapaian tujuan.
Atmosoeprapto (2002:139) menyatakan Efektivitas adalah melakukan hal yang benar, sedangkan efisiensi adalah melakukan hal secara benar, atau efektivitas adalah sejauh mana kita mencapai sasaran dan efisiensi adalah bagaimana kita mencampur segala sumber daya secara cermat.
Efektivitas memiliki tiga tingkatan sebagaimana yang didasarkan oleh David J. Lawless dalam Gibson, Ivancevich dan Donnely (1997:25-26) antara lain :
1.Efektivitas Individu
Efektivitas Individu didasarkan pada pandangan dari segi individu yang menekankan pada hasil karya karyawan atau anggota dari organisasi;
2.Efektivitas kelompok
Adanya pandangan bahwa pada kenyataannya individu saling bekerja sama dalam kelompok. Jadi efektivitas kelompok merupakan Jumlah kontribusi dari semua anggota kelompoknya;
3.Efektivitas Organisasi
Efektivitas organisasi terdiri dari efektivitas individu dan kelompok. Melalui pengaruh sinergitas, organisasi mampu mendapatkan hasil karya yang lebih tinggi tingkatannya daripada jumlah hasil karya tiap-tiap bagiannya.


Efektivitas dalam kegiatan organisasi dapat dirumuskan sebagai tingkat perwujudan sasaran yang menunjukkan sejauh mana sasaran telah dicapai. Sumaryadi (2005:105) berpendapat dalam bukunya ”Efektivitas Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah” bahwa:
Organisasi dapat dikatakan efektif bila organisasi tersebut dapat sepenuhnya mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Efektivitas umumnya dipandang sebagai tingkat pencapaian tujuan operatif dan operasional. Dengan demikian pada dasarnya efektivitas adalah tingkat pencapaian tujuan atau sasaran organisasional sesuai yang ditetapkan. Efektivitas adalah seberapa baik pekerjaan yang dilakukan, sejauh mana seseorang menghasilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan. Ini dapat diartikan, apabila sesuatu pekerjaan dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan, dapat dikatakan efektif tanpa memperhatikan waktu, tenaga dan yang lain.

Sementara itu, Sharma dalam Tangkilisan (2005:64) memberikan kriteria atau ukuran efektivitas organisasi yang menyangkut faktor internal organisasi dan faktor eksternal organisasi antara lain:
1.Produktivitas organisasi atau output;
2.Efektivitas organisasi dalam bentuk keberhasilannya menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di dalam dan di luar organisasi;
3.Tidak adanya ketegangan di dalam organisasi atau hambatan-hambatan konflik diantara bagian-bagian organisasi.

sedangkan Steers dalam Tangkilisan (2005:64) mengemukakan lima kriteria dalam pengukuran efektivitas organisasi yaitu:
1.Produktivitas;
2.Kemampuan adaptasi atau fleksibilitas;
3.Kepuasan kerja;
4.Kemampuan berlaba;
5.Pencarian sumber daya.

Gibson dalam Tangkilisan (2005:65) mengatakan hal yang berbeda bahwa efektivitas organisasi dapat pula diukur melalui :
1.Kejelasan tujuan yang hendak dicapai
2.Kejelasan strategi pencapaian tujuan
3.Proses analisis dan perumusan kebijaksanaan yang mantap
4.Perencanaan yang matang
5.Penyusunan program yang tepat
6.Tersedianya sarana dan prasarana
7.Sistem pengawasan dan pengendalian yang bersifat mendidik
Adapun Emerson dalam Handayaningrat (1996:16) mengatakan bahwa “Efektivitas adalah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan”. Jadi apabila tujuan tersebut telah dicapai, baru dapat dikatakan efektif. Masih dalam buku yang sama, Hal ini dipertegas kembali dengan pendapat Hasibuan dalam Handayaningrat (1996:16) bahwa “efektivitas adalah tercapainya suatu sasaran eksplisit dan implisit”. Hal senada juga dikemukakan oleh Miller dalam Handayaningrat (1996:16) “Effectiveness be define as the degree to which a social system achieve its goals. Effectiveness must be distinguished from efficiency. Efficiency is mainly concerned with goal attainments”, yang artinya efektivitas dimaksudkan sebagai tingkat seberapa jauh suatu sistem-sistem sosial mencapai tujuannya.
Selain pencapaian tujuan, Winardi (1992:84) menjelaskan “Efektivitas adalah hasil yang dicapai seorang pekerja dibandingkan dengan hasil produksi lain dalam jangka waktu tertentu”. Apabila peneliti analisa kutipan ini, maka efektivitas adalah hasil yang diperoleh seorang pekerja dan dibandingkan dengan waktu yang dipergunakan untuk menghasilkan barang/jasa tersebut.
Efektivitas berkaitan dengan pencapaian unjuk kerja yang maksimal dalam arti pencapaian target yang berkaitan dengan kualitas, kuantitas dan waktu. Jadi efektivitas ini lebih berorientasi kepada keluaran. Sedangkan masalah penggunaan masukan kurang menjadi perhatian utama
Hall dalam Tangkilisan (2005:67) mengartikan bahwa dengan tingkat sejauh mana suatu organisasi merealisasikan tujuannya, semua konsep tersebut hanya menunjukkan pada pencapaian tujuan organisasi. Sedangkan bagaimana cara mencapainya tidak dibahas. Yang membahas bagaimana mencapai tingkat efektivitas adalah Argris dalam Tangkilisan (2005:68) yang mengatakan”Organizational effectiveness then is balanced organization optimal emphasis upon achieving object solving competence and human energy utilization” atau dengan kata lain efektivitas organisasi adalah keseimbangan atau pendekatan secara optimal pada pencapaian tujuan, kemampuan dan pemanfaatan tenaga manusia.
Amirullah dan Ribdyah Hanafi (2002) efektivitas menunjukkan kemampuan suatu perusahaan dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan secara tepat. Pencapaian sasaran yang telah ditetapkan dan ukuran maupun standar yang berlaku mencerminkan suatu perusahaan tersebut telah memperhatikan efektivitas operasionalnya.
Menurut Gibson, Donnely dan Ivancevich konsep efektivitas terdiri dari dua pendekatan yaitu pendekatan Tujuan dan pendekatan sistem (1997:27-29). Dua pendekatan tersebut antara lain :
Pendekatan tujuan untuk menentukan dan mengevaluasi efektivitas didasarkan pada gagasan bahwa organisasi diciptakan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Sedangkan dalam teori sistem, organisasi dipandang sebagai suatu unsur dari sejumlah unsur yang saling berhubungan dan saling tergantung satu sama lain. Arus masukan (input) dan keluaran (output) merupakan titik tolak dalam uraian organisasi. Dengan kata lain yang lebih sederhana, organisasi mengambil sumber (input) dari sistem yang lebih luas (lingkungan), memproses sumber ini dan mengembalikannya dalam bentuk yang sudah dirubah (output).

Gibson, Donnely dan Ivancevich memberikan batasan dalam kriteria efektivitas organisasi melalui pendekatan teori sistem (1997:31-32) antara lain :
1.Produksi
Produksi merupakan Kemampuan organisasi untuk memproduksi jumlah dan mutu output yang sesuai dengan permintaan lingkungan.
2.Efisiensi
Konsep efisiensi didefenisikan sebagai angka perbandingan (rasio) antara output dan input. Ukuran efisiensi harus dinyatakan dalam perbandingan antara keuntungan dan biaya atau dengan waktu atau dengan output.
3.Kepuasan
Kepuasan menunjukkan sampai sejauh mana organisasi memenuhi kebutuhan para karyawan dan pengguna .
4.Adaptasi
Kemampuan adaptasi adalah sampai seberapa jauh organisasi dapat menanggapi perubahan ekstern dan intern.
5.Perkembangan
Organisasi harus mengivestasi dalam organisasi itu sendiri untuk memperluas kemampuannya untuk hidup terus dalam jangka panjang.
6.Hidup Terus
Organisasi harus dapat hidup terus dalam jangka waktu yang panjang.



Berdasarkan beberapa teori yang dikemukakan oleh para pakar di atas, peneliti menggunakan teori Emerson dalam Handayaningrat (1996:16) bahwa “Efektivitas adalah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan”. Jadi apabila tujuan tersebut telah dicapai, baru dapat dikatakan efektif.

35 komentar:

RAHASIA SUKSES KU mengatakan...

mas....bisa bantu aku gak?
aku lagi perlu buku buat penyusunan tesis ku karangan Richard M Steers terbitan Erlangga Tahun 1985

fotocopyjg gak apa2 deh.
kalau ada hub aku di array_babel@yahoo.com

Arlia Kuncoro mengatakan...

mas, saya boleh minta info buku2 yang anda pakai di blog ini? need it so bad buat skripsi, hehe
aku butuh info bukunya aja, judul dan pengarang, tapi kalo memang ada soft file nya juga boleh, hehehe thnx a lot
mail it to arlia.kn@gmail.com
:)

OEN-OEN mengatakan...

makasih boz artikelnya ^_^

Rizal M mengatakan...

Makasih ya dek artikelnya. Sangat membantu

Rizal M mengatakan...

Makasih ya dek artikelnya. Sangat membantu

zdhiyut mengatakan...

asslamualaikum wr.wb
makasi bang...oiya bisa minjem bukunya?? ato copyannya jg ga papa...buat nyusun skripsi...maakasi lagi^^klo bisa bisa contact aku di dhiyut.zainal@gmail.com makasiiiii he

indra in plano mengatakan...

ass. wr. wb. mas minta bantuan buat skripsi sy, mengenai efektifitas pembelajaran sosial dalam klaster.
bs minta referensi judul ma nama pengarangnya mas. kalo ad soft jg boleh.
indral2d607026@gmail.com
makasih.....

hadisyu mengatakan...

Bhineka Nara Eka Bakti...
dek...bisa minta teori efektifitas n daftar pustakanya dong...krm ke email hadisyu@gmail.com...makasih sblmnya...

me mengatakan...

mas.. bole minta bantuan untuk daftar pustaka dari teori2 diatas ?
bs di email ke purple_2310@hotmail.com
thx mas

deanee mengatakan...

bapak, boleh daftar pustaka untuk artikel ini? terimaksih.

deanee mengatakan...

salam. bapak boleh minta daftar pustaka untuk artikel ini? terimaksih,

deanee mengatakan...

salam. bapak boleh minta daftar pustaka untuk artikel ini? mohon dikirim k deanee.y.y@gmail.com, terimakasih

muhammad mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
muhammad mengatakan...

mas, boleh minta daftar pustaka untuk teori efektifitas? tolong kirim ke: iupacc@yahoo.com
klo ada sofcopy nya boleh jg tu,,tp klo ga ada y udah :)
makasih..

Muhammad Ali Irfan mengatakan...

yang mau daftar pustakanya kirim pesan via facebook "muhammad ali irfan" or klo g kirim sms ke no 081321131735

Muhammad Ali Irfan mengatakan...

klo ada yang butuh daftar pustaka hub. via facebook atas nama "Muhammad Ali Irfan" or call via sms ke no 081321131735 (tulis keperluan dan nama pengirim)

nisya mengatakan...

mas, saya boleh minta info buku2 yang anda pakai di blog ini? need it so bad buat skripsi, hehe
aku butuh info bukunya aja, judul dan pengarang, tapi kalo memang ada soft file nya juga boleh, hehehe

makasih banyak yaa..
mail ar nisyayulian@yahoo.com

Wakil TUHAN mengatakan...

Ass....mas, saya boleh minta info judul buku dan pengarangnya yang ada kalimat :
emerson dalam handayaningrat masalah efektivitas...buat skripsi
trm ksh sebnya:
email saya : teteh.yanthi@yahoo.com

Nazhar Farizhi mengatakan...

Pak, boleh minta bantuan untuk mengirim daftar pustaka dari teori2 diatas? Buat membantu skripsi saya.
Kalau bisa dimasukan ke blognya, atau tolong kirim ke email saya di nazharuto@gmail.com
Trims ya Pa, semoga di balas dengan balasan yang lebih besar. Amin..

catatan harian mengatakan...

mas,,, bisa bantu saya.
minta judul buku dan referensi bwt skripsi saya.
saya minta softcopy tapi kalo memang ada soft file nya juga boleh, hehehe thnx a lot
krim ke email ozah.adink@yahoo.com

mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Joy_Zalianthye mengatakan...

ass, mas... boleh minta daftar pustaka untuk teori efektifitas? tolong kirim ke: rachmaliyajoi@gmail.com
klo ada sofcopy nya boleh jg sihhh,,tp klo ga ada ya gpp... :)
makasih...

Aditia Ginanjar Pratama mengatakan...

bos boleh minta daftar pustaka untuk teori Efektivitas ?
klo bisa kirim ke email aditiaphee@gmail.com

Siti Marwah mengatakan...

mas boleh minta daftar pustakanya g? aku lg nyusun skripsi lg nyari tentang efektivitas.
kalau ada softcopynya mw bget.,,,
kalau boleh tolong kirim ke dolphin_cute65@yahoo.co.id
Terima Kasih

Ve-Nurmansyah mengatakan...

Maaf Pak/Mas, Boleh minta daftar pustaka teori efektivitas organisasinya? jika boleh, mohon dikirimkan ke email fenistia@yahoo.co.id
terimakasi sblum n ssudahnya...

Ombar Samuel mengatakan...

makasih ya buat artikelnya,, sangat membantu saya,,,,
bole sy minta daftar pustaknya,,, saya pengen tahu buku-buku yang berkaitan dengan efektivitas,, soalnya saya lagi skripsi,,, makasih ya,,,,,,
ni email saya... sachi_rumbarak@yahoo.com..

rachmawati mengatakan...

makasih ya buat artikelnya,, sangat membantu saya,,,,
boleh sya minta daftar pustaknya,,, saya pengen tahu buku-buku yang berkaitan dengan efektivitas,, soalnya saya lagi skripsi,,, makasih ya,,,,,,
ni email saya...ucirachma@yahoo.co.id

Risal Mantofani mengatakan...

wahh artikelnya bgs banget dan sangat memabntu..
boleh gak saya minta dftr pustakanya,,
ni email saya risalmantofani@gmail.com.

ma ksih sblmya.

Saya Masitoh mengatakan...

makasih sumber infonya. minta daftar pustakanya dong mas...
masitohsaya@gmail.com
makasih bgtt...

casiavera! mengatakan...

Bapak kalo boleh minta sumber referensi atau daftar pustaka dr artikel ini saya sangat berterimkasih :)
bisa dikirimvke casiaververa@gmail.com
sebagai referensi skripsi..terimakasih

FITRIA mengatakan...

Maaf mas,kalo boleh minta daftar pustakanya,minta tolong untuk dikirimkan ke fitrianuristiyani@gmail.com
terima kasih...

Asoka giri perkasa mengatakan...

Ass. Mas, kalo teori mengenai efektivitas website apakah ada?
Mohon penjelasannya bisa dikirim ke email saya di asokagp@gmail.com
Terima kasih sebelumnya
Wass.

adhi ozeres mengatakan...

minta daftar pustakanya dong mas (sangat dibutuhkan). :) kirim ke adi.ozeres@gmail.com

Nha Nha Nha mengatakan...

Makasi Artikelnya.. boleh minta daftar pustakanya buat skripsi.. dikirim ke nina_11401235_piksi@yahoo.com makasi..

Surya Aditya mengatakan...

Ass.wr.wb
Maksih atas pencerahan teori-teori efektivitasanya mas, saya boleh minta judul buku yang anda gunakan? ini email saya uyaaditya@ymail.com