Selasa, 03 November 2009

KEGAGALAN BUKANLAH AKHIR SEBUAH PERJUANGAN

Setiap orang tidak menginginkan kegagalan terjadi dalam hidupnya. Kegagalan dianggap oleh manusia pengecut sebagai momok yang sangat menakutkan yang dapat memupuskan semua asa dan cita-citanya hingga ia tidak berani untuk mencoba melakukan sesuatu. Tetapi bagi manusia pemberani, kegagalan dijadikan sebagai sarana latihan untuk mencapai prestasi yang lebih baik.
Banyak tokoh-tokoh besar yang justru puncak keberhasilannya diperoleh malalui kedewasaan dan kematangan berpikir setelah merenungi hikmah dibalik kegagalannya dan berusaha bangkit dari keerpurukannya tersebut.
Sebut saja salah satu tokoh Sir Thomas Alva Edison. Ia banyak mengalami kegagalan dalam setiap eksperimennya. Ratusan hingga ribuan kali eksperimennya tidak pernah menuai hasil. Namun ia tidak pernah menyerah dari setiap kegagalan yang menimpa dirinya. Ia berkata “Kegagalan adalah keberhasilan menemukan jalan yang salah”. Kini manusia disuluruh penjuru negeri di dunia menikmati hasil eksperimennya yaitu bola lampu. Karya dan dedikasinya kini dapat menerangi bumi ini dari gelapnya malam.
Kegagalan merupakan proses pendewasaan bagi diri seseorang, apabila orang tersebut menjadikan kegagalan sebagai media pembelajaran. Banyak orang yang mulai menapaki satu demi satu tangga keberhasilan, dimulai dengan belajar dari kegagalan setelah terlebih dahulu mengetahui dan memaknai hikmah yang tersirat di dalamnya. Belajar merasakan pahit getir kehidupan menjadikan orang tersebut siap mengahdapi segala problematika hidup yang ada di masa depan, termasuk kegagalan itu sendiri. Kegagalan merupakan tolak ukur seseorang untuk meraih keberhasilan. Yang penting dan harus diingat adalah kegagalan bukanlah akhir dari sebuah perjuangan melainkan proses evaluasi ulang menyusun strategi baru yang lebih jitu dalam meraih puncak keberhasilan secara maksimal.

Kata Bijak
•Belajar dari kegagalan lebih baik daripada belajar dari keberhasilan.
•Kegagalan adalah keberhasilan menemukan jalan yang salah.
•Kegagalan biasanya merupakan langkah awal menuju sukses, tetapi sukses itu sendiri sesungguhnya baru merupakan jalan tak berketentuan menuju puncak sukses (Lambert Jeffries)
•Hanya ikan yang bodoh yang bisa dua kali kena pancing dengan umpan yang sama.
•Takut kegagalan seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak mencoba sesuatu.
•Kegagalan mungkin terasa pahit, seperti obat agar kita lebih giat berjuang. Kemenangan mungkin menyenangkan tapi jangan sampai terbius.
•Setiap orang pasti pernah gagal. Tidak ada orang yang selalu gagal, begitu juga tidak ada orang yang selalu berhasil. Yang siap menghadapi kedua-duanya , sebenarnya adalah yang telah berhasil.
•Kegagalan biasanya disebabkan oleh tidak adanya keseimbangan antara keinginan dan kesungguhan dalam menyempurnakan ikhtiar.
•Kegagalan pertama bagi seseorang adalah tidak adanya kemauan kuat untuk mencoba sesuatu dengan benar.
•Ujian terbesar bagi keberanian di bumi ini adalah mampu menghadapi kekalahan tanpa kehilangan hati. (RG. Ingresoll)
•Akan ada kekecawaan dan kegagalan sepanjang perjalanan. Belajar dari pengalaman-pengalaman ini memberi anda pemahaman berharga yang bisa menghantar kesuksesan anda di masa mendatang.
•Tidak ada perjalanan yang lebih bagus selain kegagalan. (Benjamin Disraeli)
•Saya tidak pernah putus asa, karena setiap upaya keliru yang disingkirkan menjadi langkah lainnnya untuk maju (Thomas Alva Edison)
•99 % kegagalan adalah karena keputusan menyerah dan berhenti sebelum finish tujuan terlewati. **by: Al-Bantany112

Tidak ada komentar: